By CANCER 4778. Powered by Blogger.

THE BEST INSPIRATION FOR INDONESIAN

Wednesday, July 17, 2019

BIOGRAFI KOMANDAN ASAL SULAWESI SELATAN

0 comments
Syahrul Yasin Limpo (SYL)

Gambar Syahrul Yasin Limpo

DR. H. Syahrul Yasin Limpo (SYL) adalah merupakan anak kedua dari pasangan H. Muh. Yasin Limpo dengan Hj. Nurhayati Yasin Limpo. Syahrul Yasin Limpo lahir di Ngawing, Makassar pada tanggal 15 Maret 1955. Syahrul Yasin Limpo saat ini menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan yang pertama kali dipilih secara langsung. Sebelum menjabat sebagai Gubernur, Syahrul Yasin Limpo pernah menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Gowa selama dua periode, kemudian menjabat Wakil Gubernur selama satu periode mendampingi Amin Syam, sebelum akhirnya memenangkan pertarungan dengan Amin Syam dalam pilkada Sulsel di tahun 2007 setelah keduanya sama-sama maju bertarung sebagai calon incumbent.

Pada pilkada Sulawesi Selatan tahun 2007, Syahrul Yasin Limpo berpasangan dengan Agus Arifin Numang (saat itu menjabat sebagai ketua DPRD Sulsel) yang merupakan salah satu pimpinan DPD Golkar Sulsel. Pasangan tersebut diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) dan Partai Damai Sejahtera (PDS). Sementara rival terberat Syahrul yaitu Amin Syam yang juga ketua DPD Golkar Sulsel di usung oleh koalisi Partai Golkar, Partai Kebangkitan bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) serta Partai Demokrat, ditambah sejumlah partai kecil lainnya. Setelah menjalani persaingan yang ketat, Syahrul Yasin Limpo akhirnya memenangi pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2007 bersama pasangannya, Agus Arifin Nu'mang.

Artikel Lain : Ketika Pelaku Korupsi Mendewakan Materi.
Gubernur yang terkenal dengan tagline “Sayang” (Sayang merupakan singkatan dari Syahrul Yasin Limpo – Agus Arifin Nu’mang) ini mulai merealisasikan idenya, antara lain pendidikan gratis dan kesehatan gratis. Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa hal dasar dalam mensejahterakan rakyat dan membuat suatu bangsa maju terletak dari tingkat pendidikan suatu rakyat atau bangsa dan hak dasar manusia sebenarnya adalah kesehatan, karena tidak akan makmur suatu bangsa bila kesehatannya tidak diperhatikan.
Oleh karena itu Syahrul Yasin Limpo berusaha mewujudkan ide ini, dan sekarang ini dapat dilihat, Pendidikan gratis telah direalisasikan di kabupaten Gowa dan daerah lainnya sampai tingkat SMA. Dibidang kesehatan, rumah sakit yang ditunjuk pemerintah menggratiskan biaya kesehatan yakni melayani pasien dengan hanya menerima pembayaran fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.

Sang Komandan

Gambar : Ilustrasi By Awie Cancer 78

Daftar Riwayat Hidup sang Komandan

Pendidikan :

  • SD Neg. Mangkura-Makassar Tahun 1967
  • SMP Negeri 6 Makassar Tahun 1970
  • SMA Katolik Cendrawasih Makassar Tahun 1973
  • Sarjana Hukum Universitas Hasanudin (S1) Tahun 1983
  • Pasca Sarjana Universitas Hasanudin (S2) Tahun 1999
  • Pasca Sarjana Universitas Hasanudin (S2) Tahun 2004
  • Pascasarjana Universitas Hasanudin (S3) Tahun 2008

Karier :

  • Bupati Gowa
  • Wakil Gubernur Sulawesi Selatan
  • Gubernur Sulawesi Selatan

Penghargaan :

  • Perhargaan Manggala Karya Kencana (Men. Kepdd/BKKBN Tahun 1997)
  • Perhargaan Bhakti Koperasi dan Pengusaha Kecil (Menkop & UKM Tahun 1997)
  • Penghargaan Upakarti (Presiden RI Tahun 1997)
  • Satya Lencana Kebaktian Sosial (Presiden RI Tahun 1998)
  • Satya Lencana Pembangunan (Presiden RI Tahun 2001)
  • Satya Lencana Wirakarya (Presiden RI Tahun 2003) 
Dont Stop Komandan 78

Gambar : Ilustrasi By Cancer 4778

Pria yang merupakan anak kedua dari pasangan H. Muh. Yasin Limpo dengan Hj. Nurhayati Yasin Limpo ini telah menorehkan berbagai prestasi. Lebih dari 100 penghargaan yang telah diraihnya. Dari semua penghargaan itu, yang paling hebat yaitu ketika beliau mendapatkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) pada tahun 2012. Inilah penghargaan tertinggi bidang ketahanan pangan yang berhasil diraih Syahrul Yasin Limpo untuk yang kedua kalinya secara berturut-turut selaku pembina ketahanan pangan tingkat provinsi. Atas keberhasilan beliau, Sulawesi Selatan dapat mewujudkan Kedaulatan, Kemandirian serta Ketahanan Pangan.
Berbagai perubahan yang signifikan pun dilakukan Syahrul Yasin Limpo untuk masyarakat Sulawesi Selatan, terutama terhadap masalah pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan infrastruktur yang menyangkut fasilitas Publik pun tak luput dari perhatian beliau. Apalagi gencarnya promosi kepariwisataan Sulsel seperti Program Jelajah Takabonerate dan Lovely Desember Tana Toraja yang membuat arus kunjungan wisatawan ke Sulsel semakin meningkat drastic.

Artikel Lain : Nasib Petani Tembakau VS Kesehatan Masyarakat.

Beliau pula adalah figur yang sangat mencintai keluarganya. Dalam menjalankan rutinitasnya, beliau selalu menyempatkan waktunya sejenak untuk keluarga. Tak jarang  sang istri pun dengan setia menemani pak Syahrul Yasin Limpo dalam menjalankan rutinitasnya sebagai Seorang Gubernur. Begitu pula saat beliau mendapat kabar tentang meninggalnya anak bungsunya, Rinra, yang saat itu lagi menuntut pendidikannya di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Saat jasad anaknya tiba di Sulawesi Selatan, beliau terlihat sangat terpukul. Sampai saat ini, beliau selalu menempatkan dirinya  ziarah ke makam anaknya yang berada di taman makam Panaikang terutama setiap hari Jumat. Ini adalah suatu hal yang tidak biasanya dimana terkadang ada  pejabat yang lebih mementingkan pekerjaan sehingga terkadang melupakan keluarganya.
Rinra SYL

Gambar : Rinra SYL

Dibalik sosoknya yang tegas, ternyata pak Syahrul adalah sosok yang gemar menulis dan membaca, berbagai koleksi buku yang dimiliki oleh Beliau dan memberi perhatian khusus terhadap minat baca dan menulis dengan menggerakkan sektor kepustakaan di Provinsi Sulawesi Selatan. Sangat jarang kita menemukan sosok pemimpin yang gemar membaca sekaligus menulis seperti Beliau.
Dalam soal Penampilan, beliau pun selalu menjadi TREND SETTER dalam masyarakat karena pakaian yang dikenakannya terlihat modis terutama syal macan tutul dan kemeja favorit.
Menyinggung soal Ke-Profesionalitas, beliau sudah tak bisa diragukan lagi. Kemampuan beliau dalam memanejerial antara urusan pribadi dan urusan pekerjaan mampu dilaksanakannya dengan Baik. Terbukti, ketika jenazah sang anak dalam perjalanan ke Makassar, beliau masih menyempatkan waktunya rapat dengan pejabat-pejabat Pemerintahan sembari menanti kedatangan jenazah.
Kepribadiannya yang supel gaul dan luas dalam merangkum berbagai elemen masyarakat tanpa memandang usia, latar belakang dan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) membuat orang betah bercengrama dengan beliau. Kegemaran Syahrul Yasin Limpo meminum kopi di salah satu kedai kopi di Kota Makassar membuat semua orang bisa berdiskusi dan menyampaikan keluhan-keluhannya kepada Beliau. Belum lagi dengan banyaknya undangan dari luar kota sebagai Pembicara dalam berbagai Forum. Sangat jarang kita jumpai sosok figur pemimpin seperti Syahrul Yasin Limpo. Sosok yang tangguh, ulet, bermasyarakat, serta memiliki dedikasi pengabdian yang tulus, etos kerja yang baik dan melaksanakan amanah dengan penuh tanggung jawab.
Bersama JK

Gambar : SYL saat bersama JK

Indonesia (Umumnya) dan Sulawesi Selatan (Khususnya) membutuhkan sosok seorang Pemimpin seperti DR. H. Syahrul Yasin Limpo, semoga beliau selalu diberi kesehatan agar dapat terus mengabdikan dirinya untuk Republik Indonesia. (Aamiin)
#SalamNUSANTARA
#Blog #Inspirasi
#Blogger #Komandan