By CANCER 4778. Powered by Blogger.

THE BEST INSPIRATION FOR INDONESIAN

Thursday, August 8, 2019

DIMULAI DARI NOL LALU DIJALANI DENGAN PROSES DAN DIAKHIRI DENGAN SATU

0 comments
Zero Cancer

Semuanya Dimulai Dari Nol

Tentunya kalian pasti tahu bahwa pohon yang rindang akan selalu diawali dengan biji yang tumbuh di tanah, perlahan namun pasti, dia tumbuh menjadi besar dan akhirnya rindang dengan daun yang lebat. Atau saat kita sedang naik Lift, walaupun perlahan tapi pasti kita akan sampai pada lantai yang lebih diatas. Seperti itulah kehidupan kita, setiap usaha pasti berawal dari suatu titik, dimana titik tersebut terkadang membuat kita malas untuk memulainya, itulah yang dikatakan NOL atau ZERO. Semua dimulai dengan angka Nol, karena hal itu  menunjukkan bahwa kita telah siap untuk melakukan perubahan pada diri kita, siap untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dari Nol tersebut.

Memulai usaha dari nol memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan tekad yang kuat, usaha keras, serta kemauan untuk terus belajar dan belajar. Lihatlah kisah-kisah Inspirasional dari salah satu pengusaha terkenal seperti Ibu Susi Pudjiastuti, beliau telah berjuang keras dari Nol hingga bisa sukses seperti sekarang ini.

ARTIKEL LAIN : Karena Setiap Detik Begitu Berharga.

Kesuksesan sebuah karir adalah sesuatu yang sangat membanggakan, orang yang mempunyai karir yang bagus, memiliki kebanggaan tersendiri, memang seperti itulah, karena karir sudah seperti gaya hidup dan prestige. Di jaman sekarang, karir adalah gaya hidup, orang bahkan rela melupakan kebutuhan dirinya untuk mengejar karir, bahkan seorang ibu dapat saja meninggalkan anak-anaknya hanya untuk mengejar karir cemerlang di depan mata.

Seorang Penemu Besar seperti Albert Einstein, semua orang mungkin mengenalnya, tapi mungkin orang Cuma mengenal karena tokoh besarnya saja hanya berdasarkan apa yang telah mereka bangun dan lakukan sekarang ini, melainkan bukan dengan apa yang telah mereka perbuat sejak awal. Mereka memulai semuanya dari mimpi dan imajinasinya untuk membuka tabir misteri Alam Semesta.

Begitulah Albert Einstein melakukan sesuatu, beliau Bermimpi dan Berimajinasi setinggi mungkin, hingga akhirnya Albert Einstein pernah mengeluarkan sebuah kata-kata mutiara yang sangat terkenal hingga saat ini :


“ Imagination is more important than science ”

“ Imajinasi Lebih Penting Daripada Ilmu Pengetahuan ”

Hal yang paling baik untuk menjelaskannya adalah bahwa ilmu pengetahuan dapat dipelajari oleh semua orang dari pengalaman atau bangku sekolah, semua orang bisa mendapatkannya. Namun, mimpi dan imajinasi sangat sedikit orang yang bisa melakukannya, karena mimpi dan imajinasi yang dimaksud disini adalah mimpi dan imajinasi yang diwujudkan menjadi sebuah kenyataan, bukan sekedar bermimpi kemudian ditinggalkan, sehingga benar-benar hanya menjadi sebuah mimpi dan imajinasi.

Bagi Kalian yang masih takut untuk memulai usaha, kini saatnya untuk merubah paradigma tersebut. Hilangkan prasangka bahwa memulai bisnis dari Nol adalah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Ada banyak cara memulai usaha yang bisa kalian terapkan. Untuk memulai dan menjalankan suatu usaha, kalian akan menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan semua bagiannya. Jadi apabila tidak berdasarkan kecintaan, maka seluruh waktu yang kalian habiskan untuk membangun usaha dari Nol akan terasa seperti sebuah beban yang berat.

Memulai usaha dari nol berarti harus mempersiapkan perencanaan matang. Kalian harus memetakan rencana kalan untuk beberapa tahun ke depan. Tujuan apa yang ingin Kalian raih dan cara apa yang akan kalian gunakan untuk meraihnya.

Ada banyak alasan mengapa Rencana Bisnis adalah faktor terpenting sebelum memulai sebuah bisnis atau usaha, antara lain untuk memudahkan kalian mendapatkan pinjaman modal, untuk menilai apakah bisnis kalian memungkinan untuk dimulai, sekaligus sebagai salah satu cara untuk meyakinkan investor untuk bergabung bersama visi kalian.

Setelah Rencana Bisnis kalian dibuat, senjata berikutnya dalam memulai usaha dari Nol adalah Riset Pasar yang komprehensif. Selama melakukan Riset Pasar, kalian perlu mempelajari Dinamikanya terlebih dahulu, siapa saja kompetitornya dan bagaimana karakteristik target pasar Kalian.

ARTIKEL LAIN : Tak Ada Masalah Tanpa Jalan Keluar.

Kalian juga dapat menemukan celah mana yang bisa kalian manfaatkan. Memulai usaha tanpa memahami pasar sama saja dengan menyimpan bom waktu. Mungkin tidak sekarang, tapi usaha yang sudah kalian bangun dari Nol dapat runtuh sewaktu-waktu. Sebelum memulai usaha, kalian harus menentukan produk apa yang ingin kalian tawarkan kepada calon pembeli. Baik itu berupa jasa maupun barang. Produk yang kalian tawarkan haruslah berupa solusi yang dapat memudahkan calon pembeli kalian. Inilah mengapa Riset Pasar menjadi langkah yang begitu krusial.

Dari hasil penelitian yang mendalam, kalian dapat mengetahui persis jenis produk apa yang tepat bagi target pasar yang ingin kalian tuju. Kemudian, setelah menentukan produk, kalian bisa melakukan uji coba pasar. Lemparkan produk kalian ke pasar terbatas, misalkan di lingkungan keluarga, tetangga ataupun lingkungan pertemanan kalian. Namun pastikan bahwa hasil percobaan yang kalian lakukan memang pas dengan pasar yang ingin kalian tuju. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa produk kalian memiliki tempat di pasar.

Saat kalian memulai usaha kalian dari Nol, artinya kalian harus terus belajar, belajar dan terus belajar. Karena masih banyak ilmu yang kalian harus kuasai agar usaha kalian berakhir pada sebuah kesuksesan. Kemampuan kalian untuk melakukan penjualan, pemasaran dan bahkan menjalin jaringan yang baik adalah suatu hal yang wajib untuk kalian kuasai. Namun setelah kalian melakukan segala perencanaan dan persiapan tersebut, maka yang perlu kalian lakukan adalah mengeksekusinya. Tapi Ingat, memulai usaha dari Nol bukanlah sesuatu yang Mustahil. Jangan mundur ketika hal tersebut tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Itu adalah sebuah tantangan yang pasti akan dihadapi oleh setiap Pengusaha Sukses. Dari situlah kalian dapat belajar bagaiamana cara menyesuaikan diri dengan Dunia Usaha yang selalu berubah setiap waktunya. Kalian juga bisa belajar bagaimana mengatur ulang strategi kalian dalam waktu yang singkat untuk menjawab berbagai macam tantangan tersebut.

Ada banyak cara untuk memulai usaha yang bisa kalian lakukan, namun hanya tekad kuat yang dapat membuat usaha kalian berjalan lancar. Apabila kalian hanya bermimpi menjadi pengusaha, tanpa adanya upaya untuk memulai maka dia tidak akan pernah terwujud selamanya. Ingatlah bahwa perjalanan dari Nol hingga Sukses bukanlah sesuatu hal yang tak mungkin, kalau tidak dari sekarang, kapan lagi..?

#SalamNUSANTARA
#Blog #Inspirasi
#Blogger